waspadai rootkit di komputer anda

adminDiposting oleh Rizal dateKamis, 23 Desember 2010

Rootkit adalah suatu program / fungsi (dari DLL atau OCX) yang 'di tempel' oleh program (bisa worm atau trojan).yang bekerja secara stealth. Filosofinya adalah membodohi operating system (OS) itu sendiri sehingga keberadaannya tidak diketahui. Seperti yang kita tahu, program2 kebanyakan menggunakan OS untuk melakukan pengecekan file2. Nah rootkit yang sebenarnya biasanya melakukan dummy pada OS, sehingga program2 (bahkan antivirus) yang percaya pada OS jadi menganggap bersih dari virus. Cara2 stealthnya macam2. Biasanya rootkit dapat ditemukan jika suatu program menscan harddisk langsung tanpa melalui interface OS, dan membandingkannya dengan data dari OS. Kalau ada perbedaan, berarti OS telah terjangkiti rootkit. Rootkit cukup berbahaya (bisa melakukan apapun pada system, tapi biasanya cuman spying sih), karena terkadang tidak terdeteksi antivirus2 biasa.


Kalau rootkit yang berwujud hidden driver sih, menurut saya masih kelas yang mudah, karena filenya terlihat jelas sebagai dll (lib) yang menempel di suatu program, (misalnya explorer).
Untuk membersihkannya anda dapat menggunakan anti spyware/adware dan scan seluruh file system anda (Windows, Document and Setting dan Program file).

Rootkit Dapat berbahaya jika jenisnya adalah keylogger, karena akan mengirim password dan memata-matai aktifitas berkomputer anda. Jadi harus dihapus.

Cara mengatasi rootkit tidak mudah. Tapi kalau rootkit biasa seperti hidden driver, maka penanggulangannya harus melalui registry. Jika librarynya nempel di program utama, seperti explorer ataupun services utama windows, maka registrynya pun harus diedit secara offline, karena walaupun safemode rootkit tetap jalan. Jadi sambil edit registry, juga dilakukan scanning antivirus untuk menghapus hidden drivernya.
Jika sobat merasa artikel waspadai rootkit di komputer anda ini bermanfaat, silahkan Copas artikel ini, tetapi jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya seperti ini : Source:http://zero-cheats.blogspot.com/2010/12/waspadai-rootkit-di-komputer-anda.html.Saya lebih berterimakasih lagi jika sobat mau mencantumkan link hidup seperti ini : Source: http://zero-cheats.blogspot.com/2010/12/waspadai-rootkit-di-komputer-anda.html.Mohon dimengerti agar maraknya copas tanpa link sumber mereda, terima kasih.

0 komentar

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...