menginstal linux portable menggunakan flashdisk

adminDiposting oleh Rizal dateSenin, 06 September 2010

Pernah terpikir mempunyai sistem Operasi yang mudah dibawa? Itu bisa disimpan di dalam USB Flashdisk yang cukup kecil? Dulu, mungkin anda pernah menjalankan distribusi Linux dari sebuah USB Flashdisk, yang sering disebut Linux Portable, tepat seperti anda sudah pernah menjalankan dari CD, tetapi hal ini cukup sulit untuk diwujudkan. Mengapa? Cukup sederhana, karena anda mesti mengetik banyak perintah di terminal dan jika, entah bagaimana, anda melupakan sesuatu atau mengetik sesuatu salah, terpaksa seluruh proses harus dimulai dari awal lagi. Kita bisa mengatakan bahwa bisa memerlukan sekitar 1-2 jam untuk membuat USB Flashdisk portable yang telah siap digunakan.



Oleh karena itu, tips ini menjelaskan beberapa trik sihir baru untuk instalasi Linux kepada anda, bagaimana caranya untuk mempunyai sistem operasi Linux yang mudah dibawa atau Linux Portable, cukup sekitar 5 menit saja!

Anda bisa menggunakan tools bernama UNetbootin. Untuk bisa menginstal Linux dari flash disk, Anda wajib memiliki flash disk berkapasitas minimal 1GB.

Selain menyiapkan USB Disk, pastikan Anda telah menentukan distribusi Linux yang diinginkan, yaitu antara lain : Arch linux, BackTrack, CentOS, CloneZilla, Damn Small Linux, Debian, Dream Linux, Elive, FaunOS, Fedora, Frugalware, Gentoo, Gujin, Kubuntu, Linux Mint, Mandriva, netBSD, NTPasswr, openSUSE, Ophcrack, Parted Magic, PClinuxOS, Puppy Linux, Slax, SliTaZ, Smart Boot Manager, Super Grub Disk, Ubuntu, Xubunu, Zenwalk.

Sebagai contoh, instalasi kali ini menggunakan distro Linux Mint 4 dan Ubuntu 8.04.1 LTS, dengan USB Kingstone DataTraveler 2.0 1GB. Berikut langkah-langkah instalasinya :

1. Download UNetbootin, disini : http://unetbootin.sourceforge.net/ , kemudian simpan.

2. UNetbootin tidak membutuhkan installasi seperti program pada umumnya, program langsung bisa dipakai dan dijalankan.

3. Tancapkan terlebih dulu USB Disk ke port komputer. Ini sangat penting karena Anda tidak akan bisa menggunakan USB jika menancapkannya setelah Anda membuka aplikasi UNetbootin.

4. Selanjutnya, jalankan UNetbootin yang sudah tersimpan tadi, hingga aplikasi UNetbootin terbuka.

5. Pilih distribusi dan versi Linux yang Anda inginkan, lalu pilih tipe instalasi dan klik Ok untuk memulai instalasi.

Selesai! Reboot komputer Anda dan booting-lah dari USB. Kini Anda dapat menggunakan sistem operasi Linux portabel Anda.
Jika sobat merasa artikel menginstal linux portable menggunakan flashdisk ini bermanfaat, silahkan Copas artikel ini, tetapi jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya seperti ini : Source:http://zero-cheats.blogspot.com/2010/09/menginstal-linux-portable-menggunakan.html.Saya lebih berterimakasih lagi jika sobat mau mencantumkan link hidup seperti ini : Source: http://zero-cheats.blogspot.com/2010/09/menginstal-linux-portable-menggunakan.html.Mohon dimengerti agar maraknya copas tanpa link sumber mereda, terima kasih.

0 komentar

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...